Catat! Ini 3 Pekerjaan Rumah untuk Gubernur Baru Jawa Tengah | Liputan 24 Jawa Tengah
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Catat! Ini 3 Pekerjaan Rumah untuk Gubernur Baru Jawa Tengah

Posted by On 10:46 AM

Catat! Ini 3 Pekerjaan Rumah untuk Gubernur Baru Jawa Tengah

Pilgub Jateng

Catat! Ini 3 Pekerjaan Rumah untuk Gubernur Baru Jawa Tengah

Warga Jawa Tengah menyimpan harapan besar kepada gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah

Catat! Ini 3 Pekerjaan Rumah untuk Gubernur Baru Jawa TengahTribun Jateng/Daniel Ari PurnomoCalon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah, Sudirman Said bersama Cagub Ganjar Pranowo, Cawagub Taj Yasin dan Cawagub Ida Fauziyah, saat berada di angkringan depan kantor Partai Gerindra Jateng, Jalan Pamularsih, Kota Semarang, Kamis (19/4/2018) malam.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Warga Jawa Tengah menyimpan harapan besar kepada gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018.

Siapa pun yang terpilih pada perhelatan, Rabu (27/6/2018), memiliki pekerjaan rumah yang tidak sedikit, terutama di sektor ekonomi. Apa saja pekerjaan rumah yang menanti gubernur dan wakil gubernur baru Jawa Tengah?

Lapangan pekerjaan

"Harapan terbesar masyarakat Jawa Tengah pada gubernur adalah pada sektor ekonomi karena memang kinerja ekonomi daerah tidak cukup istimewa dibandingkan kinerja ekonomi di Jawa Timur dan Jawa Barat.

Dari aspek kemiskinan yang masih tinggi, aspek kesulitan mencari pekerjaan, aspek pengangguran yang masih tinggi. Hal-hal itu menjadi isu besar yang dihadapi masyarakat Jawa Tengah," ungkap Ketua Program Magister Ilmu Politik FISIP Universitas Diponegoro Semarang Teguh Yuwono kepada Kompas.com.

Oleh karena itu, lanjut dia, program ekonomi gubernur baru nantinya harus mampu menjawab isu kemiskinan, pengangguran, lapangan pekerjaan, dan kesulitan ekonomi yang mendominasi wacana publik di Jawa Tengah.

Teguh menilai, pada pemerintahan sebelumnya, isu reformasi birokrasi dan pelayanan publik berjalan baik, tetapi sayangnya ada perlambatan ekonomi dan kesulitan menekan laju angka pengangguran.

Zuhron Arrofi, akademisi dari Pusat Studi Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, mengatakan, Pilgub 2018 merupakan berkah bagi Jawa Tengah karena para calonnya memiliki kredibilitas, keluasan wawasan, idealisme, dan rekam jejak yang tidak diragukan lagi.

Program-program yang ditawarkan pun dinilai baik. Namun, masalah konsistensi untuk mewujudkannya adalah hal lain. Salah satunya dalam hal pendidikan dan ketersediaan lapangan pekerjaan.

"Persoalan kaum disabilitas misalnya, terlihat sejauh ini pemerintah belum memiliki peran yang signifikan kepada mereka terutama terkait akses mendapatkan pekerjaan yang layak," katanya.

Halaman selanjutnya 123
Editor: m nur huda Sumber: Kompas.com Ikuti kami di Arogan Pukulkan Helm Baja ke 7 Anak Buahnya, Kombes Ekotrio Dicopot dari Jabatannya Sumber: Berita Jawa Tengah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »