Transmart dan Inovasi | Liputan 24 Jawa Tengah
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Transmart dan Inovasi

Posted by On 3:06 PM

Transmart dan Inovasi

Bahkan jalan di sekitaran Transmart Pabelan ikut ramai dipadati kendaraan bermotor, Jumat (1/12/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)Bahkan jalan di sekitaran Transmart Pabelan ikut ramai dipadati kendaraan bermotor, Jumat (1/12/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos) Rabu, 3 Januari 2018 05:00 WIB Kolom Share : GAGASAN
Transmart dan Inovasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (26/12/2017). Esai ini karya Edy Purwo Saputro, dosen program pascasarjana di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah E.Purwo.Saputro@ums.ac.id.

Solopos.com, SOLOâ€"Soloraya ternyata tidak hanya dibanjiri hotel, tetapi juga gerai ritel modern. Betapa tidak, di sepanjang Jl. Slamet Riyadi, Solo, saja ada puluhan hotel dan kini bisnis ritel juga semakin marak denga n ditandai pembukaan Transmart di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, per 1 Desember 2017.

Edy Purwo Saputro

Edy Purwo Saputro

Tentu menarik dicermati di balik ekspansi Transmart itu, terutama dikaitkan dengan lesunya bisnis ritel pascalebaran dan juga penurunan daya beli. Terkait ini, ada banyak argumen yang mendasari, termasuk lesunya penyerapan anggaran karena ketakutan dalam pelaporan sehingga rentan menjadi kasus hokum.

Sejumlah pengamat meyakini konsumen cenderung mengerem pengeluaran. Dunia usaha juga memetakan ulang semua potensi bisnis karena pertimbangan ada tahun politik yaitu pemilihan kepala daerah serentak pada 2018 dan pemilihan presiden pada 2019.

Kinerja sektor ritel menarik dicermati terutama terkait ekspansi Transmart. Tidak bisa dimungkiri bahwa 10 tahun yang lalu cenderung terjadi laju ”pemanasan global” akibat Matahari membuka cabang di mana-man a, namun kini satu persatu gerai Matahari ditutup dengan berbagai faktor yang mendasari.

Peritel besar lain, misalnya Ramayana, Lotus, dan Debenhams akhirnya tidak bisa bersaing, menyerah, dan kemudian menutup gerai. Tentu ada banyak alasan yang mendasari fakta tutupnya sejumlah gerai bisnis ritel dan kasus ini menarik dicermati, apalagi ada tahun politik yang jelas rentan memicu riak dan imbas terhadap investasi dan daya beli.

Ekspansi yang dilakukan Transmart di Pabelan justru memberikan tantangan terkait fenomena yang terjadi di bisnis ritel nasional. Paling tidak ada sejumlah aspek yang mendasari tutupnya sejumlah gerai bisnis ritel. Pertama, keyakinan terkait adanya rencana transformasi ke bisnis online. Matahari juga tertarik terjun ke bisnis online dengan bendera mataharimall.com sebagai langkah strategis untuk bisa merebut pasar di segmen online, meski di sisi lain juga tetap mempertahankan pasar offline yang bersifat konvensional.

Selanjutnya adalah: Keyakinan terhadap sejumlah rencana besar

lowongan kerja
clipanfinance, informasi selengkapnya KLIK DISINI Sumber: Google News | Liputan 24 Surakarta

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »