Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Wali Kota Solo desak anak buah berinovasi untuk layani masyarakat

Posted by On 5:05 PM

Wali Kota Solo desak anak buah berinovasi untuk layani masyarakat

Merdeka > Peristiwa Wali Kota Solo desak anak buah berinovasi untuk layani masyarakat Jumat, 15 Desember 2017 22:32 Reporter : Arie Sunaryo Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo menuntut seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berinovasi menelurkan program baru. Target minimal satu program baru dalam setiap tahun akan diberlakukan tahun 2018.

Rudyatmo menjelaskan, inovasi dimaksud adalah dalam bidang pelayanan masyarakat. Hal tersebut menjadi fokus utama guna meningkatkan daya saing sekaligus mengikuti tuntutan perubahan yang semakin cepat.

"Mulai tahun 2018 kami minta OPD berinovasi, setiap tahun minimal ada satu inovasi baru. Khususnya dalam pelayanan masyarakat," ujar Rudy di sela Gelar Karya Inovasi di Pendopo Gede, Surakarta, Jumat (15/12).

Menurut Rudy, inovasi diperlukan seiring tuntutan perubahan yang semakin cepat. Selain itu juga dimaksudkan untuk efisiensi anggaran, sumber daya manusia (SDM) hingga transparansi dan akuntabel dalam tata kelola pemerintahan.

Sebagai contohnya, penerapan retribusi pasar secara elektronik (e-retribusi) yang dinilai efisien SDM dan transparan. Dengan inovasi tersebut, Pemkot bisa menghitung potensi pendapatan asli daerah (PAD) lebih akuntabel

Keinginan wali kota tersebut bukan tanpa kendala . Ia mengaku kesulitan untuk mengubah mindset atau pola pikir aparatur sipil negara (ASN). Apalagi mereka yang sudah berstatus pegawai negeri merasa berada di zona nyaman dalam bekerja sehingga minim inovasi.

"Saya kira perlu waktu 12 tahun untuk membuat para ASN mau melakukan perubahan kinerja di lingkungan pemerintahan," tandasnya.

Rudy menegaskan, Pemkot Solo berkomitmen untuk terus melakukan inovasi guna meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan. Ia pun mengajak semua lapisan dari tingkat kelurahan dan sekolah dasar untuk berinovasi. [cob]


Topik berita Terkait:
  1. Surakarta
  2. FX Hadi Rudyatmo
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News | Liputan 24 Surakarta

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »