Polda Jateng Terjunkan 22 Ribu Personel Amankan Pilkada 2018 | Liputan 24 Jawa Tengah
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Polda Jateng Terjunkan 22 Ribu Personel Amankan Pilkada 2018

Posted by On 7:07 AM

Polda Jateng Terjunkan 22 Ribu Personel Amankan Pilkada 2018

Polda Jateng Terjunkan 22 Ribu Personel Amankan Pilkada 2018

Tujuh wilayah adalah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kudus, Temanggung, Magelang serta Karanganyar.

Polda Jateng Terjunkan 22 Ribu Personel Amankan Pilkada 2018TRIBUNJATENG/RIFQI GOZALIKapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono

TRIBUNJATENG.COM - Pada tahun 2018 Jawa Tengah akan melaksanakan Pilkada serentak. Selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur, tujuh wilayah di Jateng juga memilih pasangan wali kota dan bupati.

Tujuh wilayah adalah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kudus, Temanggung, Magelang serta Karanganyar.

Bagaim ana persiapan institusi kepolisian menghadapi tahun politik pada 2018 mendatang? Berikut hasil wawancara Wartawan Tribun Jateng, Rival Almanaf dengan Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, di rumah dinasnya, Selasa (26/12):

Bagaimana persiapan Polda Jateng menghadapi tahun politik?

Menghadapi tahun politik pada 2018 mendatang, kepolisian telah menyiapkan beberapa langkah. Hal pertama yang dilakukan adalah melakuan pemetaan terkait beragam aspek yang berhubungan dengan Pilkada, termasuk potensi konflik. Hasil dari pemetaan itu nantinya dijadikan patokan untuk meredam kerawanan-kerawan di Pilada. Pada intinya, kami ingin mengantisipasi adanya konflik sejak masih embrio sehingga penanganannya tentu akan lebih mudah.

Daerah mana yang rawan terjadi konflik?

Tiap daerah punya potensi masing-masing. Kepolisian melihat juga bagaimana dengan Pilkada sebelumnya. Apakah wilayah tersebut pernah terjadi konflik atau tid ak. Misalnya di Kabupaten Tegal dimana dulu pernah ada kejadian pelanggaran Pilkada. Kemudian beberapa waktu belakangan ini juga berkembang isu mengenai cantrang.

Pada dasarnya jajaran Polda Jateng melakukan pemetaan di 35 kabupaten/kota di Jateng lantaran Pilgub juga digelar. Sedangkan tujuh wilayah yang menggelar pemilihan bupati dan wali kota, kami melakukan pemetaan lebih mendalam. Misalanya faktor latar belakang calon, dukungan partai, isu setempat, dan kelompok ormas yang berpengaruh.

Berdasarkan data Bawaslu, Kudus adalah wilayah di Jateng yang paling rawan dimana menempati ranking 73, kemudian Karanganyar ranking 78, Magelang ranking 79, Kota Tegal rangking 81, Banyumas ranking 98 dan Temanggung ranking 128. Berdasarkan urutan ranking itu, potensi kerawanan yang terjadi masuk kategori rendah. Namun tentunya kami tidak ingin ada hal yang tak diinginkan terjadi di Jateng.

Apa yang sudah dilakukan Polda Jateng untuk meredam po tensi konflik?

Halaman selanjutnya 123
Editor: Catur waskito Edy Sumber: Tribun Jateng Ikuti kami di Berita Ayu Ting Ting Belanja Habis Puluhan Juta Tapi Tak Bisa Bayar Viral, Begini Kronologinya Sumber: Google News | Liputan 24 Temanggung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »